Genjot PAD, Dispar Gelar Sosialisasi Klasifikasi Retribusi Jasa Pariwisata

0
24

Bolaang Uki,  Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan hari ini (Kamis, 19/10/2017) menggelar Sosialisasi Klasifikasi Retibusi Jasa Usaha Pariwisata dengan mengundang para pelaku usaha jasa pariwisata di Ibukota dan di Objek wisata yang tersebar di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bapak Resli Paputungan,S.Pd dalam sambutannya menyampaikan pentingnya sosialisasi ini , dan ini bertujuan untuk mengajak para pelaku usaha jasa pariwisata di Bolaang Mongondow Selatan agar berpartisipasi dalam pembangunan daerah dengan taat pajak , dengan tumbuhnya kesadaran ini diyakini akan memberikan dampak bagi pembangunan daerah khususnya dalam sektor pariwisata.

“Sosialisasi ini penting, disini hadir para pelaku usaha jasa pariwisata, kami menghimbau semua agar taat pajak karena ini penting bagi daerah, nantinya akan berdampak juga bagi bapak ibu pengusaha” Ungkapnya.

Dalam Sosialisasi kali ini dipaparkan bagaimana sektor-sektor jasa pariwisata memiliki peran yang sangat vital dalam pengembangan pariwisata, dan juga bagaimana regulasi yang mengatur tentang tata cara pemungutan pajak restoran, penginapan ,tempat hiburan dan lain sebagainya. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Bapak Islani Ligawa,A.Ma.Pd menyampaikan tugas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan adalah mengembangkan sektor pariwisata yang bertujuan demi kesejahteraan masyarakat terutama para pelaku usaha jasa pariwisata, bagaimana pengembangan objek wisata dan event-event yang gencar diselenggarakan akhir-akhir ini bertujuan untuk mendatangkan lebih banyak wisatawan ke Bolaang Mongondow Selatan yang nantinya akan berdampak pada penghasilan masyarakat pelaku jasa usaha pariwisata. Sehingga peran pelaku usaha untuk berpartisipasi dalam pembangunan sangatlah penting.

“Kami di instansi terkait fokus pada pengembangan objek wisata, ada juga event, pameran ,target kami mendatangkan wisatawan datang ke bolsel sebanyak banyaknya, sehingga mereka bisa tinggal berlama lama di bolsel, ini, nah pelaku jasa pariwisata harus memanfaatkan ini, maksimalkan sapta pesona , dan tentunya taat pajak” Ungkapnya.

Sosialisasi kali ini juga menghadirkan Kepala Bagian Hukum Bapak Kadek Wijayanto,SH yang memaparkan secara teknis bagaimana tata cara pemungutan pajak restoran,penginapan ,hiburan dan lain sebagainya. Acara ini disambut antusias oleh peserta ,mereka juga meminta pemerintah daerah pro aktif dalam meningkatkan infrastruktur di objek wisata sehingga bisa mendatangkan wisatawan lebih banyak lagi. (Admin)

LEAVE A REPLY