Karantina Bagi Boba dimulai Minggu ini, Peserta Pakai Pinahangi dan Sikayoe

0
177

Bolaang Uki, Sejak tanggal 16 April 2017 lalu, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan telah menyelenggarakan event tahunan bertajuk Festival Teluk Tomini yang Pembukaannya resmi dilaksanakan pada tanggal 20 April 2017 . Bolsel Expo dan Pemecahan Rekor Foto Bawah Laut Terpanjang oleh Museum of Record Indonesia (MuRI)yang merupakan bagian dari Festival Teluk Tomini 2017 telah sangat sukses dilaksanakan.
Masih dalam rangkaian kegiatan Festival Teluk Tomini Bolsel 2017, kini Dinas Pariwisata sedang mempersiapkan even tahunan lainnya yakni Pemilihan Duta Pariwisata melalui Pemilihan Bagi Boba Bolsel 2017.
Bapak Resly Paputungan,S.Pd selaku Kepala Dinas Priwisata dan Kebudayaan mengatakan, saat ini telah mengantongi sejumlah nama peserta yang akan mengikuti Pemilihan Bagi Boba Bolsel 2017.
“Sudah sejak awal April lalu kami mengadakan seleksi di semua Kecamatan yang ada di Bolsel, untuk tahun ini memang kami sengaja merubah mekanisme perekrutan calon Bagi-Boba, agar lebih maksimal dalam pelaksanaannya nanti”, ungkapnya
Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Disparbud Delfian Giputra Thanta,S.Kom menambahkan, tahun ini telah diturunkan beberapa Tim Seleksi ke semua Kecamatan di Bolaang Mongondow Selatan yang semua anggotanya dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dan Ikatan Bagi dan Boba. Hasil dari perekrutan itu nantinya akan disebarkan ke semua SKPD untuk dijadikan perwakilan mengikuti Pemilihan Bagi Boba Bolsel 2017, dan tahun ini kami akan menggunakan kain pinahangi dan sikayoe sebagai bentuk promosi dan pelestarian kekayaan budaya di Bolsel.
“Jadi tahun SKPD so nda perlu susah-susah bacari anak-anak untuk dijadikan Bagi Boba, karena sekarang stock (peserta Bagi dan Boba ) so dari pa torang, para peserta nanti mo pake kain pinahangi dan sikayoe, ini torang pe komitmen untuk pelestarian budaya” imbuhnya. Dia juga mengatakan cara ini tentu sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, namun dianggap sangat efektif.
Para peserta yang sudah terpilih nantinya akan dikarantina pada hari minggu tanggal 7 Mei 2017, dan malam Final Pemilihan Bagi Boba Bolsel 2017 dijadwalkan akan terlaksana pada hari Kamis tanggal 11 Mei 2017 yang sekaligus merupakan penutupan seluruh rangkaian Kegiatan Festival Teluk Tomini 2017.
Dari hasil Pemilihan Bagi Boba Bolsel 2017 ini, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan berharap agar Promosi Pariwisata bisa berkembang dan lebih maju melalui kontribusi yang akan diberikan oleh Duta Pariwisata nantinya. (Admin)

LEAVE A REPLY