Objek Wisata Mangrove Bolsel Jadi Prioritas Usulan DAK Disparda Sulut 2018

0
162

Bolaang Uki, Komitmen Bupati Bolaang Mongondow Selatan untuk mewujudkan Bolaang Mongondow Selatan sebagai Destinasi pariwisata unggulan memang tidak main-main. Betapa tidak, dengan berbagai terobosan yang sudah dilakukan sejak 2010 , sektor pariwisata memang terus digenjot potensinya. Sesuai dengan RIPPDA (Rencana Induk Pengembangan Pariwisata) Bolsel yang menitikberatkan pada Wisata Bahari.
Belum lama ini Pemkab Bolsel melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mengusulkan Proposal Dana Alokasi Khusus yang akan masuk menjadi usulan Provinsi Sulawesi Utara untuk tahun 2018. Setelah melalui verifikasi di instansi teknis akhirnya diputuskan Objek Wisata Mangrove Bolsel memenuhi syarat untuk diusulkan dalam permintaan DAK tahun 2018.
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bapak Resli Paputungan, S.Pd mengungkapkan ini adalah upaya pemkab Bolsel dalam mengembangkan Wisata bahari di daerah, Kami sudah menyiapkan ini sejak lama, permintaan dari provinsi kami lengkapi sehingga ini diharapkan bisa mendapat kucuran DAK tahun 2018.
“Alhamdulillah , usulan Bolsel diterima dan memenuhi syarat untuk dilanjutkan ke tingkat Pusat, ini bentuk upaya kami , semua kami lengkapi , objek wisata mangrove ini adalah unggulan Bolsel , diharapkan tahun depan kami bisa mendapatkan dana untuk pengembangan objek wisata ini “ ungkapnya.
Senada dengan itu Kasubag Perencanaan Dinas Pariwisata Sulawesi Utara Ibu Rillya Gobel, SE,M.Si mengungkapkan Tahun depan kami Cuma mengusulkan beberapa daerah , Yaitu Bolsel dan Satu daerah lain , ini sesuai komitmen karena Bolsel yang paling siap, mereka sudah siapkan Tanahnya dan DED, jadi kami terima dan sudah diverifikasi Bangda, kita berdoa saja tahun depan bisa lolos.
“ Iya benar, Bolsel dan ada satu lagi daerah lain ,Jadi  Kami usulkan yang paling siap, apalagi Objek wisata mangrove ini satu satunya yang diusulkan, Spesifiknya itu di Panango dan di Deaga, yah mereka komit ya sejauh ini, tanah sudah siap, DED sudah siap, apalagi ? ya ini saja yang diusulkan, torang berdoa jo neh tahun depan insya allah bisa diterima Kemenpar dan Kemenkeu” Ungkapnya.
Untuk informasi, setelah melalui kajian di provinsi dan Bangda selanjutnya usulan ini akan dikirim ke kementerian Pariwisata, dan di verifikasi untuk selanjutnya menunggu keputusan tentang pencairan DAK 2018 pada Desember nanti.(Admin)

LEAVE A REPLY