Pengembangan Pariwisata Bolsel Diseriusi, Turis Asing Suka Wisata Budaya dan Alam

0
132

TRIBUNMANADO.CO.ID, MOLIBAGU – Perhatian Pemerintah Pusat terhadap pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) semakin serius ditunjukan.

Hal tersebut dibuktikan lewat keterlibatan perwakilan Deputi Pengembangan Industri Pariwisata dalam rangka mendeteksi potensi wisata yang ada di Bolsel.

Wiwin Djola perwakilan Deputi Pengembangan Industri Pariwisata Kementrian Pariwisata (Kemenpar), kembali mempresentasikan konsep pariwisata Bolsel didepan Wakil Bupati (Wabup) Iskandar Kamaru, Jumat (17/2) diruang kerja Wabup.

Kata dia sebanyak 75 persen turis asing lebih tertarik dengan budaya dan alam dibandingkan wahana permainan modern.

“Bolsel memiliki semua itu, punya wisata alam yang luar biasa dan sejarah budaya yang menarik. Amat disayangkan jika tidak dikembangkan,”kata Wiwin.

Kata Wiwin percepatan pembangunan objek wisata harus didukung oleh aksesibilitas. Sehingga lebih mudah dipasarkan lewat promosi secara Nasional dan Internasional.

Apalagi Bolsel termasuk daerah yang cukup jauh dari Pusat Ibu Kota Provinsi Kota Manado. Jika menempuh perjalanan darat menggunakan mobil membutuhkan waktu sebayak 6 – 7 jam.

“70 persen turis menginginkan perjalanan lewat udara, dan kami menilai transportasi udara lebih mendorong percepatan pengembangan pariwisata,”kata Wiwin yang berjanji akan mempromosikan wisata Bolsel sampai ke mancanegara.

Selain itu harus ditunjang dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), berani menerima perkembangan dunia, namun tidak lupa tetap menjaga keramah tamahan sebagai identitas masyarakat Indonesia.

“Untuk mempermudah promosi ini, maka Pemkab Bolsel harus bekerja sama dengan Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone,”ucap Wiwin menyarankan.

Selain instansi teknis yang proaktif kata Wiwin, pemerintah desa wajib mendukung program yang berkaitan dengan kepentingan pengembangan pariwisata. Misalnya menjaga keamanan, kearifan, kebersihan, serta melestarikan budaya lokal berupa dongeng atau cerita masyarakat.

Menanggapi Bolsel yang akan masuk pada konsep Wonderful Bolsel By Wonderful Indonesia. Wabup Iskandar Kamaru mengatakan, persentasi yang diberikan sangatlah bermanfaat.

Dengan pertemuan tersebut maka Pemkab khususnya Dinas Pariwisata dan Budaya akan mengetahui apa yang dibutuhkan dalam pembenahan dan percepatan pengembangan pariwisata di Bolsel.

“Jadi pariwisata menjadi salah satu prioritas Pemkab Bolsel kedepan. Kami akan melakukan pembenahan dan pembangunan infrastruktur penunjang lewat program – program Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sesuai bidang masing – masing,”tukas Wabup. (lix)

LEAVE A REPLY