Taman Nasional Bogani Nani Wartabone

0
140

Keanekaragaman hayati yang terdapat di Taman Nasional Bogani Nani Wartabone yang terletak di 2 (Dua) Provinsi dan 4 (Empat) Kabupaten termasuk Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan adalah juga merupakan Obyek Daya Tarik Wisata di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan yang sangat potensial untuk dikembangkan. Karena keberadaannya terletak di Taman Nasional maka jenis satwa dan vegetasi yang ada mutlak harus dilindungi. Berikut data tentang keanekaragaman hayati yang berada di Taman Nasional maka jenis satwa dan vegetasi yang ada mutlak harus dilindungi. Berikut data tentang keanekaragaman hayati yang berada di Taman Nasional Bogani nani Wartabone.

Taman Nasional Bogani Nani Wartabone memiliki berbagai keunikan ekologi sebagai kawasan peralihan geografi daerah Indomalayan di sebelah barat dan Papua-Australia di sebelah Timur (Wallaceae area). Tumbuhan yang khas dan langka di Taman Nasional Bogani Nani Wartabone yaitu palem matayangan (Pholidocarpus ihiur) , kayu hitam (Diospyros celebica) , kayu besi (Intsia spp.) , kayu kuning (Arcangelisia flava) dan bunga bangkai ( Amorphophallus companulatus) sedangkan tumbuhan yang umum dijumpai seperti Piper aduncum , Trema orientalis , Macaranga sp, cempaka, agathis, kenanga , berbagai macam jenis anggrek dan tanaman hias.

Dari beberapa hasil studi yang telah dilakukan diketahui bahwa keberadaan beberapa flora dan fauna di TNBNW tergolong endemic dan langka . Tidak kurang dari 400 jenis pohon, 24 jenis anggrek , 120 jenis epifit , 49 jenis paku pakuan, 90 jenis tumbuhan obat dan berbagai macam jenis jamur jamuran.

Untuk jenis satwa TNBNW memiliki koleksi 24 jenis mamalia , 125 jenis aves ( 45 jenis endemic) , 11 jenis reptilian , 2 jenis amfibia, 38 jenis kupu-kupu , 200 jenis kumbang dan 19 jenis ikan air tawar.

Hewan-hewan endemic khas antara lain :

  • Burung Maleo
  • Burung Rangkong
  • Tarsius Spectrum
  • Kera Hitam
  • Anoa
  • Babirusa

LEAVE A REPLY